Viedhaa

PENGANTAR PENDIDIKAN

TUGAS 5
Tri Pusat Pendidikan




          NAMA         : ROFIDAH UMMAMITA
          NIM             : 120412423442
          OFF              : GG








UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
2013

========================================================================
TRI PUSAT PENDIDIKAN
1. Pendidikan di Dalam Keluarga
            Keluarga dikenal sebagai lingkungan pendidikan yang pertama dan juga utama. Karena itu peran dan pengaruh keluarga sangatlah penting bagi perkembangan anak. Apa yang diberikan dan dilakukan oleh keluarga akan menjadi sumber perlakuan pertama yang akan mempengaruhi pembentukan karakteristik perilaku dan pribadi anak. Perlakuan pada masa awal kehidupan anak yang terjadi dalam keluarga sangat memegang peran kunci dalam pembentukan struktur dasar kepribadiannya tersebut. Untuk itu orang-orang tua harus berhati-hati, jangan sampai anak meniru perilaku yang salah karena ini akan berakibat pada perkembangan pribadi si anak nantinya.
Sebagian besar waktu anak akan dihabiskan di keluarga, jika kesempatan yang banyak diisi dengan hal-hal yang positif, maka akan memberikan kontribusi yang positif pula untuk anak. Peran keluarga lebih banyak bersifat memberikan dukungan baik dalam hal penyediaan fasilitas maupun penciptaan suasana belajar yang kondusif. Sedangkan dalam hal pembentukan perilaku, sikap dan kebiasaan, penanaman nilai, dan perilaku-perilaku lainnya pengaruh keluarga sangatlah kuat dan bersifat langsung.
Enam hal yang dimungkinkan bisa dilakukan orang tua dalam mempengaruhi anak, yaitu:
  1. Memberi contoh perilaku baik secara langsung maupun tidak langsung,
  2. Memberikan ganjaran atau hukuman, seperti pujian dan teguran,
  3. Perintah langsung ,
  4. Menyatakan peraturan-peraturan,
  5. Penalaran
  6. Menyediakan fasilitas atau bahan-bahan untuk proses belajarnya
2. Pendidikan di Dalam Masyarakat
            Anak-anak bergaul dalam masyarakat, di sana mereka menyaksikan berbagi peristiwa, melihat orang-orang berperilaku, dan menemukan sejumlah aturan dan tuntutan yang seharusnya dipenuhi oleh yang bersangkutan. Pengalaman-pengalaman yang didapat anak-anak dalam masyarakat tersebut akan memberikan peran tersendiri dalam pembentukan perilaku dan perkembangan pribadinya. Lingkungan masyarakat akan mendukung apa yang telah dikembangkan orang tua di rumah dan guru di sekolah, dan begitu sebaliknya.
            Baik tidaknya suatu masyarakat akan sangat bergantung pada keluarga-keluarga yang membangun masyarakat tersebut. Orang tua juga harus membimbing anaknya dalam hal pergaulan anak dengan teman sebayanya dan menjaga anak dari pengaruh negatif media informasi yang sangat berperan dalam masyarakat sekarang.
            Tugas masyarakat dalam pendidikan:
a.       Mengawasi pendidikan
b.      Masyarakat tidak hanya membiayai tetapi juga memilih siapa-siapa yang akan diserahi tugas pendidikan itu
c.       Mengajukan alat-alat pendidikan informal, seperti perpustakaan, music drama, kebun binatang, dll.

3. Pendidikan di Dalam Sekolah
Selama 5-7 jam waktu anak dihabiskan di sekolah. Dengan demikian, sekolah memiliki konribusi yang sangat berarti dalam hal perkembangan anak. Pengalaman interaksi anak dengan gurunya di sekolah akan lebih bermakna bagi anak daripada dengan orang dewasa lainnya. Interaksi pendidikan di sekolah tidak hanya berkenaan dengan perkembangan kognisi anak, namun juga berkenaan dengan perkemangan aspek-aspek pribadi lainnya. Sekolah akan membatasi dan mendefinisikan perilaku, perasaan, dan sikap anak. Di sekolah, mereka akan menemukan perkembangan identitas, keyakinan atau kemampuan diri, image tentang kehidupan dan kemungkinan karir, hubungan-hubungan sosial, serta standar perilaku yang benar dan salah.
Jadi fungsi dan tujuan sekolah, yaitu sebagai lembaga yang memfasilitasi proses perkembangan anak secara menyeluruh sehingga mereka dapat berkembang secara optimal sesuai dengan harapan-harapan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat, serta berperan dalam hal pengembangan aspek sosiomoral dan emosi.


·        Daftar Rujukan
0 Responses

Kamis, 02 Mei 2013

Paper Tri Pusat Pendidikan

Diposting oleh Viedhaa di 12:24 AM

PENGANTAR PENDIDIKAN

TUGAS 5
Tri Pusat Pendidikan




          NAMA         : ROFIDAH UMMAMITA
          NIM             : 120412423442
          OFF              : GG








UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
2013

========================================================================
TRI PUSAT PENDIDIKAN
1. Pendidikan di Dalam Keluarga
            Keluarga dikenal sebagai lingkungan pendidikan yang pertama dan juga utama. Karena itu peran dan pengaruh keluarga sangatlah penting bagi perkembangan anak. Apa yang diberikan dan dilakukan oleh keluarga akan menjadi sumber perlakuan pertama yang akan mempengaruhi pembentukan karakteristik perilaku dan pribadi anak. Perlakuan pada masa awal kehidupan anak yang terjadi dalam keluarga sangat memegang peran kunci dalam pembentukan struktur dasar kepribadiannya tersebut. Untuk itu orang-orang tua harus berhati-hati, jangan sampai anak meniru perilaku yang salah karena ini akan berakibat pada perkembangan pribadi si anak nantinya.
Sebagian besar waktu anak akan dihabiskan di keluarga, jika kesempatan yang banyak diisi dengan hal-hal yang positif, maka akan memberikan kontribusi yang positif pula untuk anak. Peran keluarga lebih banyak bersifat memberikan dukungan baik dalam hal penyediaan fasilitas maupun penciptaan suasana belajar yang kondusif. Sedangkan dalam hal pembentukan perilaku, sikap dan kebiasaan, penanaman nilai, dan perilaku-perilaku lainnya pengaruh keluarga sangatlah kuat dan bersifat langsung.
Enam hal yang dimungkinkan bisa dilakukan orang tua dalam mempengaruhi anak, yaitu:
  1. Memberi contoh perilaku baik secara langsung maupun tidak langsung,
  2. Memberikan ganjaran atau hukuman, seperti pujian dan teguran,
  3. Perintah langsung ,
  4. Menyatakan peraturan-peraturan,
  5. Penalaran
  6. Menyediakan fasilitas atau bahan-bahan untuk proses belajarnya
2. Pendidikan di Dalam Masyarakat
            Anak-anak bergaul dalam masyarakat, di sana mereka menyaksikan berbagi peristiwa, melihat orang-orang berperilaku, dan menemukan sejumlah aturan dan tuntutan yang seharusnya dipenuhi oleh yang bersangkutan. Pengalaman-pengalaman yang didapat anak-anak dalam masyarakat tersebut akan memberikan peran tersendiri dalam pembentukan perilaku dan perkembangan pribadinya. Lingkungan masyarakat akan mendukung apa yang telah dikembangkan orang tua di rumah dan guru di sekolah, dan begitu sebaliknya.
            Baik tidaknya suatu masyarakat akan sangat bergantung pada keluarga-keluarga yang membangun masyarakat tersebut. Orang tua juga harus membimbing anaknya dalam hal pergaulan anak dengan teman sebayanya dan menjaga anak dari pengaruh negatif media informasi yang sangat berperan dalam masyarakat sekarang.
            Tugas masyarakat dalam pendidikan:
a.       Mengawasi pendidikan
b.      Masyarakat tidak hanya membiayai tetapi juga memilih siapa-siapa yang akan diserahi tugas pendidikan itu
c.       Mengajukan alat-alat pendidikan informal, seperti perpustakaan, music drama, kebun binatang, dll.

3. Pendidikan di Dalam Sekolah
Selama 5-7 jam waktu anak dihabiskan di sekolah. Dengan demikian, sekolah memiliki konribusi yang sangat berarti dalam hal perkembangan anak. Pengalaman interaksi anak dengan gurunya di sekolah akan lebih bermakna bagi anak daripada dengan orang dewasa lainnya. Interaksi pendidikan di sekolah tidak hanya berkenaan dengan perkembangan kognisi anak, namun juga berkenaan dengan perkemangan aspek-aspek pribadi lainnya. Sekolah akan membatasi dan mendefinisikan perilaku, perasaan, dan sikap anak. Di sekolah, mereka akan menemukan perkembangan identitas, keyakinan atau kemampuan diri, image tentang kehidupan dan kemungkinan karir, hubungan-hubungan sosial, serta standar perilaku yang benar dan salah.
Jadi fungsi dan tujuan sekolah, yaitu sebagai lembaga yang memfasilitasi proses perkembangan anak secara menyeluruh sehingga mereka dapat berkembang secara optimal sesuai dengan harapan-harapan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat, serta berperan dalam hal pengembangan aspek sosiomoral dan emosi.


·        Daftar Rujukan

0 komentar on "Paper Tri Pusat Pendidikan"